BERJAMAAH PENYEBAB KERJA MENJADI LAMBAT


Ketika kita diberikan sebuah pertanyaan, “Manakah yang lebih cepat terselesaikan, antara pekerjaan yang dikerjakan oleh satu orang atau pekerjaan yang dikerjakan oleh tiga orang?”

Tentu kita akan menjawab pekerjaan yang dikerjakan oleh tiga orang akan lebih cepat terselesaikan dibandingkan dengan pekerjaan yang dikerjakan oleh satu orang.

Namun sering kali kita merasakan bahwa sebuah tugas akan lebih cepat terselesaikan jika bekerja sendiri dibandingkan dengan bekerja secara berjamaah (berkelompok). Contoh sederhananya saat mengerjakan tugas makalah. Jika kita menginginkan bekerja secara bersama, maka akan cukup menguras waktu dan tenaga untuk menyelesaikan sebuah makalah.

Ilustrasi ...
Tugas Makalah Laju Reaksi (berhubung saya jurusan kimia, hehe)
Tugas diberikan hari senin, dikumpul hari kamis.
Anggap saja satu kelompok tersebut ada 3 orang (A, B, C)
Senin sore mereka berdiskusi, hasil diskusi :
A = Mencari pengertian Laju reaksi secara umum
B = Mencari faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
C = Mencari penerapan laju reaksi dalam kehidupan sehari-hari
Perjanjian hari rabu pagi dikumpulkan seluruhnya ke A.
Pada hari rabu pagi, A, B sudah menyelesaikan tugasnya, sementara C belum. Alasannya macem-macem, mulai dari Deadline tugas lain, mati lampu, ketiduran dan sebagainya. Kemudian C berjanji akan menyerahkan bagiannya pada sore hari ke A.

Tibalah waktu sore, ternyata C belum juga mencari materi yang diberikan padanya, dengan berbagai alasan.  Karena sudah sore, A ingin pulang. A memberi solusi untuk mengirimkan materi C ke email A, paling lambat jam 20.00 WIB. Maka, C pun menyanggupi.

Jam dinding menunjukkan pukul 22.00 WIB, belum ada juga pesan masuk ke email A. Ia pun memutuskan untuk mengerjakan pekerjaan C. Pukul 24.00 WIB, tugas makalah mereka selesai.

Pada besok paginya, A menerima email materi dari C. Pesan masuk pada pukul 03.00 WIB. Dengan ucapan "Maaf lama ngirimnya, tadi ada urusan dengan kawan di luar, jadi baru sempat ngerjainnya."

Sementara itu ....
Tokoh X menyelesaikan tugas makalah Laju Reaksi dalam waktu satu malam.

Itulah fakta yang tidak bisa kita tutupi. Dilapangan sering kali kita malah menjadi lambat mengerjakan sesuatu karena dikerjakan secara bersama-sama.
Apa yang menyebabkan hal tersebut? Bukankah pekerjaan yang dikerjakan berjamaah atau bersama-sama itu akan lebih mudah dan cepat selesai? Apa yang salah?

Tentu teori tersebut tidak salah. Sejatinya, pekerjaan yang dikerjakan secara berjamaah akan lebih efektif dan mudah untuk dituntaskan dibandingkan dengan pekerjaan yang dikerjakan sendiri.

Beberapa faktor yang mengakibatkan pekerjaan yang dikerjakan bersama-sama menjadi lambat :
1. Tidak memahami tugas
Alangkah lebih baik saat diskusi pembagian tugas, didiskusikan apa yang menjadi tugas kita. Agar kita tidak bingung dengan apa yang harus dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya.
2. Lemah kemauan
Ada beberapa orang yang sudah paham dengan apa yang ditugaskan kepadanya. Hanya saja, ia terlalu sepele dan menunda-menunda pekerjaannya. Sehingga sikapnya tersebut memperlambat kerja kawan-kawannya.
3. Konflik Internal
Konflik dalam sebuah kelompok akan membuat suatu pekerjaan yang dikerjakan bersama-sama akan semakin lambat. Sebab, dengan konflik tersebut akan cenderung merusak pekerjaan, bukan malah membangun dan menyelesaikan tugas. Akan terjadi saling kritik, menjatuhkan, bahkan saling lempar tugas.
4. Tidak terbuka
Sifat tidak terbuka menjadi salah satu penyebab lambatnya kerja kelompok. Misalnya A tidak memiliki keahlian bidang membuat design spanduk. Tapi ia disuruh untuk membuat design spanduk. Tentu pekerjaan A akan sangat lama terselesaikan bahkan cenderung tidak selesai. Dan itu tentu akan memperlambat terselesaikannya sebuah tugas bersama.

Selain itu, ada juga sikap yang membuat pekerjaan yang dikerjaan secara jamaah menjadi lambat. Yaitu sikap yang berlebihan dalam bertindak. Saya bingung bagaimana menjelaskannya. Misalkan seperti ini,
- Sikapnya yang super cepat menyelesaikan tugas membuat orang lain terkesan sangat lambat.
- Sikap geniusnya membuat orang lain merasa sangat bodoh
- Sikap baiknya membuat orang lain merasa sangat jahat
- Sikap amanahnya membuat orang lain merasa menjadi tidak amanah

Padahal sejatinya, semua orang memiliki perannya masing-masing dalam sebuah tugas yang dikerjakan secara berjamaah. Bekerja secara jamaah atau bersama-sama bukan ingin menunjukkan bahwa kita bisa berjalan lebih cepat. Namun, dengan bekerja secara jamaah, kita hendaknya bisa menunjukkan bahwa semua yang terhimpun dalam tugas yang sama dapat berjalan beriringan. Tidak ada yang lebih cepat atau yang lebih lambat. Sebab, inti berjamaah adalah berjalan bersama secara beriringan. Saling menguatkan, bukan saling melemahkan.

Beberapa keuntungan pekerjaan yang dikerjakan secara berjamaah :
1. Menghemat waktu dan tidak menguras tenaga
Seperti ilustrasi di atas, jika makalah tersebut dikerjakan secara sendiri akan memakan waktu lima jam. Tapi jika dikerjakan secara bersama dalam waktu yang sama oleh tiga orang, pekerjaan tersebut bisa selesai dalam waktu dua atau tiga jam.
2. Menghemat biaya operasional
Seperti ilustrasi di atas, biaya pembuatan makalah bisa sampai Rp. 10.000 - 15.000. Jika dikerjakan oleh tiga orang, maka perorang hanya akan mengeluarkan dana sebesar Rp. 3.000 - 5.000.

Binjai, 26 Maret 2017.
Terinspirasi dari sikap seseorang dan untuk muhasabah diri sendiri dalam menyelesaikan tugas yang dikerjakan secara berjamaah ataupun bersama-sama.

No comments :

Post a Comment